on Senin, 06 Mei 2013



What the..?
AMI?Acara apa ini? AMI adalah singkatan dari Aku masuk Itb,sebuah acara yang dilaksanakan bagi siswa-siswa yang berminat untuk masuk ke Itb.Dalam acara ini,diberikan informasi-informasi berkaitan dengan cara masuk,fakultas,jurusan,dll.Seperti halnya ajang promosi dan informasi,setiap jurusan memperkenalkan dan menjelaskan mengenai jurusannya masing-masing,bahkan ada juga yang mendemonstrasikan karya-karya seperti model bangunan, lukisan, games, robot, model pesawat, dll.

My story begins here!!
Aku berangkat sekitar jam 7 lebih dari rumah, membawa tas, buku catatan, buku teori literatur, dll.Angkotnya delay di pasar, biasa…, menunggu sesuatu yang tidak pasti.Saat aku tiba di Jatinangor,kebetulan sekali bisnya sedang berhenti di depan pos polisi, jadi aku langsung naik tanpa harus menunggu.
            Setelah Bisnya hamper tiba,ternyata di gazebo ada sebuah acara dan pasar kaget jadi bisnya tidak bisa lewat sana,dan akhirnya mengambil jalan melewati PUSDAI.Hebatnya,setelah masuk,Bis tidak bisa maju karena macet.Aku terpaksa turun disana dan berjalan memutar melewati museum geologi dan Buakh!! Jalannya rame banget!! Padat, penuh, sesak, panas!! Uargggh!! Maju aja susah!! Lalu aku teringat tasku, di keramaian begini biasanya para pencopet berbahagia.Dan benar saja…kantong kecil tasku terbuka!!tapi Alhamdulillah tidak ada yang hilang,dia kecewa mungkin tidak ada uang besar  didalamnya, padahal ada flash disk, KTP, kartu ATM, uang receh gopean, dan yang paling berharga, Kreker beras dan coklat cha-cha.
            Akhirnya bisa juga keluar dari daerah Gazeebo,dan aku langsung menuju daerah CFD.Untungnya di CFD tidak terlalu ramai dan aku bisa berjalan dengan leluasa.Aku belok dan tiba di ITB.Aku masuk melalui gerbang utama dan setelah itu aku melihat sekumpulan orang sedang berfoto dan menulis determinasi. “Silakan mau difoto? Mau masuk jurusan apa?” Seorang kakak-kakak menawariku dan tentu saja kujawab “FSRD”, “Oh,berarti ini adik kita!”.Sebelum difoto(Yang kukira akan difoto oleh kamera mereka,ternyata pakai kamera atau hp kita sendiri),aku mengobrol dengan kakak itu mengenai SNMPTN undangan dan SBMPTN.Informasi penting yang saat itu kudapatkan adalah mengenai tes keterampilan menggambar saat SNMPTN tertulis:
-Menggambar suatu benda di depan kita sesuai dengan sudut pandang dimana kita berada.
-Melanjutkan suatu bentuk gambar.
-Menggambarkan suatu ilustrasi keadaan tempat tertentu, seperti pasar.ukurannya besar.
-Tes psikotes.
Selesai mengobrol dengan kakak itu, aku berfoto di sana, lalu masuk ke tenda dimana stand-stand fakultas berada.
KM ITB
Ini adalah stand KM atau kementerian mahasiswa(BEM).Standnya sepi,Cuma ada dua orang yang menjaganya.Saat aku kesana,aku mengisi  buku tamu,lalu menanyakan pertanyaan-pertanyaan ringan mengenai KM.
Oceanografi
Di stand jurusan kelautan ini,mereka menunjukkan sebuah alat seperti kamera untuk digunakan di bawah laut.

Matematika
Kenapa aku mengunjungi stand ini? Tentu saja karena aku penasaran dengan apa yang akan mereka tunjukkan disana.Disana ada brosur-brosur dan buku calculus mathco.Aku mulai bertanya hal-hal yang umum seperti cabang jurusan.Untungnya kakak-kakak itu sangat ramah dan baik.Prospek kerja di bidang matematika:
-Analis, ilmuan, Ahli statistik, Ahli keuangan dan financial, dll.
Cabang jurusan di jurusan matematika:
-Aljabar, statistik, Finansial dan matematika terapan lain.

Fisika
Ada cukup banyak alat-alat dan hasil karya mahasiswa yang ditunjukkan disini.Ada sebuah speaker plasma, alat pengukur molaritas garam, amplifier, dll. Saat aku bertanya prinsip kerja alat-alat tersebut,kakak itu menjelaskannya dengan antusias dan semangat,walaupun aku tidak terlalu mengerti dengan apa yang dikatakannya.Lalu beberapa orang asing datang kesana, mereka adalah pekerja dari Panasonic jepang.Kakak itu bingung bagaimana harus menjelaskan alat-alat tersebut,lalu temannya datang dan membantu kakak tersebut untuk menjelaskannya dalam bahasa inggris.Aku mendengarkan mereka dengan serius, tapi aku tidak terlalu mengerti dengan apa yang dikatakan orang jepang itu.

SBM
Ada dua orang yang menjaga dan tumpukan brosur.Aku mengambil brosurnya dan mendengarkan seseorang yang bertanya mengenai perbedaan jurusan.Lalu aku pergi.

Informatika
Ada dua computer,yang satu menampilkan sebuah video dan yang satu lagi sebuah game berjudul Ghaib, game interaktif dengan tema horror dengan konsep membasmi hantu dengan membaca Al-Quran.Saat aku bertanya mengenai game itu, kakak disana tidak mengetahuinya.

Teknik Elektro
Ada berbagai Robot disana, yang memakai remote control, Laba-laba, pemadam api dan sebuah kumparan logam besar bernama Tesla Coil yang menghasilkan listrik tampak.Aku kesana, kakak-kakak disana mempersilakanku,tapi apa yang harus kutanyakan?Tidak ada interaksi, namun seseorang muncul dan menjelaskan padaku cara kerja robot pemadam api,pyuh…untung saja ada kakak itu, kalau tidak aku akan segera [ergi dari sana.

Arsitektur
Disana ada model bangunan dan rumah, dokumentasi proyek dan Anto.Orang-orangnya ramah dan interaktif(Soalnya aku kenal salah satu dari  mereka).

Farmasi
Cuma ada satu cowo disini dan yang cewe seperti mengacuhkan pengunjung cowo.Katanya mereka menunjukkan cara membuat lotion sendiri.

FSRD 
Sebenarnya stand inilah yang pertama kali kukunjungi,karena memang disinilah tujuanku.Banyak gambar dan lukisan yang dipamerkan,juga model-model 3d digital.Aku mengajukan beberapa pertanyaan pada kakak(walaupun sebenarnya seumuran) yang kutahu namanya Nana Katrina(tahu dari si wendy) yang sepertinya sedang sakit pilek(Karena dia membuang ingusnya dengan keras tepat di depan kami, sekitar 2-3 kali, wow pede sekali).


Dan banyak stand lainnya yang tidak kukunjungi dan kuceritakan karena biasa saja…