on Jumat, 05 Juli 2013


Pagi itu, sekitar jam 8, Aku berangkat ke kampus (ITB, sudah kuanggap kampusku sendiri) dari rumah kontrakan temanku. Karena pendaftaran akan dibuka pada jam 9, aku menunggu di Mesjid Salman sampai jam 9 lebih,lalu setelah itu aku masuk ke kampus dan melihat banyak pedagang yang menjual buku-buku referensi ujian masuk FSRD ITB, namun aku tidak tertarik karena itu bukan lagi waktunya bagiku untuk membaca apalagi mempraktekan apa yang ada di dalam buku-buku itu.  Setelah aku selesai mendaftar, aku duduk di dekat LAPCIN untuk membaca buku. Disana aku meihat banyak peserta ujian yang sedang mengobrol, menyendiri (seperti aku), dan bahkan ada yang sedang berlatih menggambar (Hebat!!).
Ujian dimulai pukul 1, walaupun sebenarnya dimulai sekitar  pukul 2 kurang. Aku duduk melingkar bersama yang lainnya di dalam ruangan Aula Barat. Kami sudah dikelompokkan menjadi sekitar 20 kelompok. Di tengah-tengah lingkaran tempat duduk setiap kelompok ada sebuah melon dan kendi yang diletakkan di atas sebuah kardus, jadi sudah diketahui tugas apa yang akan kami terima nanti. Oke, ujian pun dimluai.



 
Tugas pertama, seperti yang sudah kukatakan sebelunya, tugasnya sudah ketahuan, kami diminta menggambar objek-objek yang ada di depan kami sesuai dengan sudut pandang yang didapat masing-masing peserta. Waktunya 1 jam.



Tugas kedua, kami diminta memilih salah satu dari beberapa situasi untuk digambarkan menjadi ilustrasi dengan beberapa rincian yang sudah ada dalam setiap dekripsi situasi pada soal, seperti keadaan di dalam kendaraan umum yang menggambarkan ada beberapa orang sedang melakukan aktivitas ini-itu, keadaan di sebuah tempat wisata yang menggambarkan para pengunjung sedang berjalan menanjak ke sebuah bukit dan seorang ibu sedang menggendong anaknya yang kelelahan, keadaan di sebuah bioskop yang sedang memutar film komedi dan membuat penontonnya tertawa terbahak-bahak sampai memegangi perutnya bahkan dengan rincian lain seperti ada beberapa remaja yang sedang bersenda gurau saat menonton sehingga membuat keripik jagungnya jatuh berceceran ke kursi dan lantai.



Tugas ketiga adalah meneruskan sebuah pola yang ada dalam soal (Lihat gambar diatas), ada 4 soal dan semua polanya sama seperti itu, kita diminta untuk menggambar hal-hal yang ada kaitannya dengan peralatan rumah tangga dan kesenian. Kita punya waktu 4 menit untuk menggambar dan menuliskan deskripsi dari gambar tersebut.



Tugas keempat, sebenarnya soal ini terdapat pada lembar soal tugas ketiga,tapi karena sedikit berbeda jadi kupisahkan. Kita diminta untuk menggambar sesuatu yang tidak akan dipikirkan orang lain dan berhubungan dengan alat rumah tangga atau kesenian, ini adalah tugas menggambar bebas dengan tema terntu, jadi silahkan berimajinasi!! Oh iya, waktunya 4 menit untuk menggambar dan mendeskripsikan gambarnya.

Akhirnya selesai jam 5 kurang, untuk menghibur diri, aku melihat unit drama yang sedang berlatih untuk pementasannya nanti di trans studio.