on Jumat, 21 Desember 2012


Tes Potensi Akademik
Jumlah soal : 3 digit (Tenang….bukan  999,Cuma 170 kok!)
Waktu: 2 jam 30 menit

Ini adalah gambaran soal-soal dalam ujian TPA yang kan kalian dapat :

Bagian 1:Pengetahuan umum (20 soal)
Bagian pertama berisi pertanyaan-pertanyaan seperti tokoh,tempat,budaya, dan seputar pengetahuan umum lainnya.Diberikan 4 pilihan jawaban(Level SMP nih…)
Contoh:
1.Immanuel Kant adalah tokoh di bidang...   jawabannya Filsafat(mungkin)
2.Jenis Kayu yang tahan dari rembesan air adalah…
3.Pidana dan perdata adalah istilah dalam dunia…
Comment:
Pokoknya pengetahuan umum  yang lumayan melecehkan deh…

Bagian 2:Soal Hitungan(20 soal)
Soal-soal hitungannya kebanyakan merupakan soal hitungan perbandingan dan pengetahuan matematika dasar,tapi dengan sedikit pengaruh fisika.Kamu pokoknya wajib tahu geometri dasar seperti luas,volume,keliling dari persegi panjang,segitiga dan lingkaran.
Contoh:
1-Nilai rata-rata 40 siswa adalah 8,9 ,Jika ada 2 siswa tambahan yang nilainya 8 dan 7, maka nilai rata-ratanya menjadi…
2-Seseorang membeli laptop seharga Rp5.200.000,lalu ia mendapatkan diskon sebesar 10% dan 15%,maka berapa yang harus ia bayar?
3-Sebuah ban memiliki diameter 20cm,berapa jarak yang ditempuh jika ban tersebut berputar sebanyak 1000 kali…?
4-Sebuah rumah dapat diselesaikan dalam waktu 2 tahun dengan 120 pekerja,jika rumah tersebut ingin diselesaikan dalam waktu 1 tahun 2bulan,maka pekerja yang dibutuhkan sebanyak…?
 Comment:
Banyak soal yang sejenis,misalnya untuk soal perbandingan,hanya saja satuannya yang berbeda-beda jadi harus kita konversi dulu seperti waktu(Detik,jam,hari) dan jarak(m,km).


Bagian 3:Hitungan Simbol (20 soal)
 Ini adalah soal-soal hitungan sederhana akan tetapi angka-angkanya ditulis /diwakili dengan huruf-huruf,seperti:
A=0      B=1      C=2      D=3
Dan tugas kita adalah mencari tahu apakah sebuah pernyataan itu benar atau salah
Contoh soal:
1.B – B=A        Benar?             Salah?
2.B x C=C
3.BA + BA =CA
PERHATIAN!!A,B,C dan D tersebut bukan merupakan variable bilangan ,tapi hanya sebuah perwakilan dari angka,jadi maksud dari huruf BA adalah 10,bukan 1 x 0!!
BCD=123         bukan=6
CCC=222          bukan=8
Comment:
Soal bagian ini sangat mudah,kita hanya perlu mengingat setiap huruf mewakili angka yang mana(Mudah karena huruf dan angkanya berurutan).Jawab semua soal di lembar soal lalu pindahkan ke lembar jawaban!

Bagian 4:Analogi,Logika dan Relasi
Pedagang-Pasar,petani-…..?Jawabannya adalah….yup,sawah.Seperti itulah soal-soal pada bagian ini,kita hanya perlu tahu apa yang menghubungkan setiap pernyataan dengan pernyataan lainnya.Selain itu ada juga soal logika seperti;semua mahasiswa bisa mengirim email,dibutuhkan jaringan internet untuk mengirim email,jadi kesimpulannya…..tentu saja semua mahasiswa memiliki jaringan internet.Sudah yah,soal-soal seperti ini tidak perlu lagi dikasih contoh,males ah…
Comment:
Cobalah mengerjakan bagian ini tanpa di lewat satu nomorpun dan jangan gunakan penghapus…karena akan sangat menyenangkan jika kita menjawab dengan benar semua soal seperti ini,tapi akan sangat menyakitkan jika ada kecerobohan yang kita buat tapi tak bisa kita hapus dan koreksi(Haha,pengalaman nih…)

Bagian 5:Deret Angka
Tidak lengkap rasanya jika TPA tanpa ada soal deret angka.Di sini kita kan  mencari pola dari deretan angka yang berjajar dengan rapih,diselangi dengan koma-koma di setiap tengahnya(Sok Gaul!).
Contoh:
1.         0, 5, 10, 15,…..bilangan selanjutnya adalah 20.
2.         10, 12, 10, 13, …..jawabannya 10.(Ditambah 2,dikurang 2,ditambah 3,dikurang 3)

Bagian 6:Differensiasi
Kita diminta menentukan hal apa yang tidak ada kaitannya atau hal yang tidak mempunyai kesamaan dengan beberapa hal yang disebutkan.
Contoh:
1.Singa,macan,gajah,lumba-lumba   
jawab:lumba-lumba, karena Singa,macan dan gajag adalah hewan darat,tapi lumba-lumba bukan.
2.Indonesia,Malaysia,Canada,Thailand
Jawab:Canada, karena Canada berada di benua amerika,sedangkan Negara lainnya da di Asia.


Bagian 7:Bahasa Inggris
Soal-soal bahasa inggris terdiri dari 3 buah teks pendek dan soal-soalnya,lalu ditambah dengan soal-soal  grammar dan expression dalam percakapan.


 Bagian 8:Fragmentasi dan Pola gambar
Yang dimaksud dengan fragmentasi adalah pecahan-pecahan,jadi misalnya sebuah lingkaran jika dipecah pecah ,apakah akan seperti gambar di sebelanya,apakah akan pecahan-pecahan tersebut dapat dibentuk menjadi gambar di sebelahnya atau tidak.





Pola gambar, dalam bagian ini kita diminta untuk menentukan apakah sebuah balok dengan sisi yang berbeda-beda jika di putar dan dibalik tetap merupakan balok sebelumnya atau tidak. 









My Experience on that Day
            Aku tiba di gerbang masuk dan langsung ditawari papan ujian  oleh para pedagang,tadinya aku mau menghitung kebohongan yang mereka katakan saat ingin menjual papan ujian padaku. “Disana gak aka nada meja.”, “Ini disuruh jual sama panitia.”Do you think I’m stupid enough to believe that?I don’t think so,of course I said ‘no thanks!’.
Untuk mengatasi rasa bosan saat menunggu sampai saatnya waktu tes,tadinya aku berpikir untuk menghampiri peserta yang sedang duduk sendiri,namun kebanyakan dari mereka duduk dengan orang tua atau temannya,jadi aku mengurungkan niatku dan pada akhirnya ada seorang bapak-bapak yang menegurku duluan, lalu aku berkenalan dengan seorang peserta temannya anak bapak-bapak itu,dan temannya-teman bapak-bapak itu.Saat itu aku sudah berinteraksi dengan Bapak-bapak,Kevin,Vina dan satu orang lagi yang aku lupakan namanya saat berjabat tangan(Kebiasaan langsung lupa kalau gak impact waktu kenalannya).
Tes dimulai,Aku mengambil pensilku yang panjangnya kira-kira 4cm,penghapus yang ukurannya tinggal setengah,mungkin kurang dari setengah aslinya,pulpen dan selembar plastik mika(Dari Ujian nasiaonal  sampai SNMPTN aku terus memakai plastik mika untuk alas).Belum apa-apa penghapusku sudah jatuh,aku meminta tolong pada seorang gadis dibelakangku untuk mengambilkannya.Aku memakai penghapus satu kali saat menghapus tanda tanganku yang kepanjangan,aku menyimpannya dan menghilang entah kemana.Aku yakin aku memasukkannya ke dalam sakuku yangberisi dompet,pulpen dan uang receh, tapi aku tidak menemukannya.Sekarang tidak ada lagi toleransi dan penyesalan untuk jawaban yang salah dan tidak ada jalan kembali.Di tengan-tengah nomor 50,pensilku retak dan ujungnya hampir lepas,sekarang ini jadi lebih menarik dan sepertinya aku ingin menangis saja,aku berusaha menahan ujung pensil agar tidak lepas dengan memutarnya ke sisi lain setiap kali aku selesai menghitamkan .Pada bagian bahasa inggris,soal no 101-105 tidak ada,padahal pengawas sudah memperingatkan untuk memeriksa lembar soal dan mengatakannya jika ada yang cacat atau kurang,namun aku tidak punya waktu itu…. “Aku tidak ingin merepotkan mereka,beberapa detik yang berharga itu tidak kugunakan untuk mengecek soal,aku akan menggunakannya untuk menjawab soal HITUNGAN yang kusisakan untuk terakhir kunikmati….ah…..lengkap sudah, hidupku yang menantang….”.Saat itu  aku hanya berpura-pura tertawa dan tersenyum saat menjawab soal-soalnya…..


Ingat!! F= R!! F=R!!



Tips:JANGAN DAFTAR VIA ONLINE!! MENDING LANGSUNG AJA KE KAMPUSNYA,KALAU DAFTAR ONLINE GA AKAN DAPET TAS CANTIK DAN BUKU PANDUAN PMB!!